Sekolah : SD Negeri AWU- AWU
Mata Pelajaran : Penjasorkes
Kelas / Semester : VI / 2
Aspek / Ruang Lingkup : Senam
Waktu : 1 x 30 Menit
I. STANDAR KOMPETENSI
1. Mempraktikkan gerak ritmik sederhana secara berpasangan.
II. KOMPETENSI DASAR
1.1 Mempraktikan kombinasi gerak ritmik sederhana dengan jalan, dan lompat secara berpasangan maupun beregu serta nilai – nilai kerjasama, disiplin, dan estetika.
III. INDIKATOR
1. Melakukan gerakan ke depan dan ke belakang.
2. Melakukan gerakan melompat ke depan dan kebelakang sesuai dengan irama lagu.
3. Menjelaskan cara gerakan berjalan dengan irama hitungan.
4. Menumbuh kembangkan nilai kerjasama, disiplin, dan estetika.
IV. TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Siswa dapat melakukan gerakan berjalan ke depan dan ke belakang.
2. Siswa dapat melakukan gerakan melompat ke depan dan ke belakang sesuai dengan irama lagu.
3. Siswa dapat menjelaskan cara gerakan berjalan dengan irama hitungan.
4. Siswa dapat membina kerja sama, disiplin, dan estetika
V. MATERI PEMBELAJARAN
- Senam Mitmik
VI. METODE PEMBELAJARAN
- Peragaan
- Penugasan
No | KEGIATAN | GAMBAR | WAKTU | METODE |
1. 2. 3. | Kegiatan Awal - Siswa dibariskan menjadi dua bersaf. - Menegur siswa yang tidak seragam. - Berdoa dipimpin guru. Pemanasan Siswa membentuk formasi 2 baris dengan ajrak dua lengan tak bersentuhan gerakannya berjalan sambil menyanyikan cublak – cublak suweng. Kegiatan inti - caranya siswa dibariskan. - sikap awal: berdiri tegak. Hit 1 Berjalan ke depan tiga langkah Hit 2 Berjalan ke belakang tiga langkah. Hit 3 Berjalan ke depan tiga langkah. Hit 4 Tangan di pinggang. - sikap awal: berdiri tegak. Hit 1 Berjalan ke depan tiga langkah. Hit 2 Berjalan ke belakang tiga langkah. Hit 3 Berjalan ke depan tiga langkah. Hit 4 Tepuk tangan. - sikap awal: berdiri tegak. Hit 1 Berdiri tegak Hit 2 Lompat ke kanan. Hit 3 Lompat ke kiri. Hit 4 Lompat putar. Kegiatan Akhir - Anak dibariskan melingkar berjalan sambil menyanyi potong bebek angsa. - Berbaris. - Berdoa. - Dibubarkan. | 7 Menit 20 Menit 3 Menit | Peragaan Penugasan Peragaan Penugasan |
VII. LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
VIII. ALAT DAN SUMBER BAHAN
1. Alat:
- Bendera kecil
- Peluit
2. Sumber bahan
- Silabus KTSP.
- Buku Penjas Orkes kelas IV Pusat Pembukuan Nasional.
- Buku Penjas Orkes kelas IV Erlangga, Tim Abdi Guru
IX. PENILAIAN
NO | NILAI BUDAYA DAN K.BANGSA | INDIKATOR | TEKNIK PENILAIAN | BENTUK INSTRUMEN | CONTOH INSTRUMEN |
1. 2. 3. | Kerjasama Disiplin Estetika | - berjalan ke depan, ke belakang sesuai irama. - melompat ke depan ke belakang sesuai irama. - menjelaskan cara berjalan dengan irama. - mengambangkan kerja sama, disiplin dan estetika. | Praktek | - Peragakan gerakan berjalan ke depan, ke belakang - Peragakan gerakan melompat. - Jelaskan cara berjalan sesuai irama. - Pengamatan guru pada saat proses. |
X. PERFORMASI
NO | ASPEK | KRITERIA | SKOR |
1. | Praktik / Psikomotorik | 1. – Melakukan gerakan berjalan ke depan ke belakang sesuai dengan hitungan. - Melakukan gerakan berjalan ke depan ke belakang tidak sesuai hitungan - Melakukan gerakan berjalan ke belakang tidak | 80 70 60 |
NO | ASPEK | KRITERIA | SKOR |
2. 3. . | Kognitif / Ilmu pengetahuan Afektif / Sikap | sesuai hitungan. - melakukan gerakan melompat ke depan ke belakang sesuai irama lagu / hitungan. - Melakukan gerakan melompat ke depan ke belakang tidak sesuai hitungan. - Melakukan gerakan melompat ke depan. - Menjelaskan cara gerakan berjalan dengan irama hitungan - Menjelaskan cara gerakan berjalan tidak sesuai irama - Menjelaskan gerakan berjalan dengan irama, tidak sempurna. - Melakukan gerakan melompat ke depan dan ke belakang serta kerja sama, disiplin dan estetika. - Melakukan gerakan melompat ke depan dan ke belakang serta kerja sama, disiplin. - Melakukan gerakan melompat ke depan dan ke belakang serta kerja sama. | 80 70 60 80 70 60 80 70 60 |
XI. LEMBAR PENILAIAN
No | NAMA SISWA | PERFORMEN | Produk | Jumlah Skor | NILAI | ||
Pengetahuan | Praktik | Sikap | |||||
Surakarta, 13 Oktober 2011
Mengetahui
Instruktur Peserta PLPG
AMAT NGADENAN
NO.PES.11030622010762
Tidak ada komentar:
Posting Komentar